Battle of SEO

Sekilas Tentang Search Engine

Sekilas Tentang Search Engine

Artikel pertama Battle Of SEO sedikit membahas about search engine atau mesin pencari. Apakah anda kenal dengan nama google, yahoo, msn? dan ketika ditambahkan dengan dot com, pasti anda kenal jika sering berhubungan dengan dunia maya (internet). Atau belum kenal juga, jadi google, yahoo, msn dan sebagainya adalah sebuah mesin pencari, atau dengan istilah kerennya Search Engine.

Search engine adalah alat pencari data atau informasi yang ada di seluruh jagat internet. Search engine ini memiliki database index yang disusun berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan oleh suatu program komputer terhadap situs-situs yang berhasil dilacak di internet. Program komputer tersebut yaitu wanderer, crawler, robot, worm dan spider. Biasanya hasil pencariannya berupa judul, text, URL, keyword dan sebagainya.

Search engine dalam menjalankan fungsinya sebagai search engine service atau search service memiliki tiga komponen penting yang saling berkaitan, yaitu spider, index dan search engine mechanism.

  1. Siper merupakan program yang menjelajahi web dari suatu link ke link yang lain, mengidentifikasi dan membaca halaman-halaman yang ada.
  2. Index adalah database yang berisi hasil pencarian atau salinan dari halaman web yang berhasil dikumpulkan oleh spider.
  3. Search engine mechanism, software atau perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mencari atau mengganakan index yang ada.

Jika anda melakukan pencarian dengan search engine, maka sebenarnya anda hanya melakukan pencarian terhadap database index dari search engine tersebut (bukan pencarian terhadap seluruh situs di internet. Maka dari itu, hasil pencarian yang anda lakukan terhadap suatu search engine bisa berbeda hasilnya dengan mesin pencari yang lain, karena masing-masing memiliki data base yang berbeda dengan yang lain.

Jika anda memasukkan keyword atau kata yang ingin dicari dengan menggunakan search engine, maka search engine seperti google, yahoo, msn dan sebagainya akan memberikan hasil pencarian tersebut sesuai dengan data yang ada pada database masing-masing search engine. Untuk mencari informasi di internet dapat dilakukan di beberapa search engine seperti :

http://google.com atau google.co.id
http://yahoo.com
http://alltheweb.com
http://msn.com
http://jayde.com
http://altavista.com
http://overture.com
http://positiontech.com

0 comments

Leave a Reply

<--Jangan Nyepam Yah!-->

Battle of SEO : Designed by SimplexDesign : Sitemap : Agen Bola