Battle of SEO

Friendly kah Blog Anda di Mata Search Engine ?

Menjadikan blog lebih friendly di mata search engine merupakan harapan semua blogger. Terlebih lagi jika weblog tersebut ikut Kontes SEO.

Beberapa pakar SEO merekomendasikan penggunaan content unik dan orisinil, membangun backlink web sejenis serta mengoptimasi SEO off page dan on page agar blog memiliki Page Rank tinggi dan lebih friendly di mata search engine. Selain itu, beberapa master SEO juga memberikan masukan bahwa perlu juga diperhatikan mengenai kecepatan loading blog dan keberadaan elemen CSS serta HTML template bila ingin menjadi top indeks mesin pencari.

Pastinya rekomendasi para master sudah sering anda dengar, dan mungkin poin-poin di atas telah terstruktur pada blog anda. Maka dari itu, saya akan lebih fokus pada poin kecepatan loading blog, keberadaan CSS dan HTML template.

Kecepatan Loading Blog

Kecepatan loading blog harus diperhatikan. Kita harus mengetahui seberapa cepat halaman blog kita dapat ditampilkan. Saya pernah mendapat informasi bahwa kecepatan loading halaman blog/web juga dapat mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page). Artinya, semakin cepat blog kita dapat ditampilkan maka akan semakin baik di mata search engine.

Kecepatan loading weblog kita dapat dipengaruhi oleh penggunaan javascript, image dan pengkodean yang kurang baik. Teman sang ahli Code-Codean, Choen juga menambahkan bahwa widget dapat memperlambat loading, sehingga kita harus mengurangi penggunaan widget. Tools compress yang menjadi direkomendasikan yaitu Image menggunakan Smush.it (http://developer.yahoo.com/yslow/smushit/), Javascript dengan Paker dan CSS menggunakan CSS Compressor.

Keberadaan CSS dan HTML Template Blog

Pada poin ini dititik beratkan pada validasi CSS dan HTML. Untuk mengetahui validasi CSS dan HTML blog dapat menggunakan bantuan W3C Validation, yaitu CSS Validation dan HTML Validation Service. Dengan tools ini dapat membantu mendeteksi elemen CSS dan HTML yang eror pada template blog anda.

Kedua poin mendasar di atas mudah-mudahan menjadi informasi dan tools berguna untuk pengembangan weblog teman-teman. Artikel berikutnya saya akan memberi informasi tentang mendesain WeBlog dengan Desain Struktur Silo.

0 comments

Leave a Reply

<--Jangan Nyepam Yah!-->

Battle of SEO : Designed by SimplexDesign : Sitemap : Agen Bola