Battle of SEO

Desain Weblog Dengan Struktur Silo

Realitasnya di Internet menyebar berbagai weblog yang memiliki tema yang beraneka ragam (multiple theme). Sebuah weblog terkadang pokok bahasannya melebar, mulai dari lifestyle, tutorial SEO, tutorial Blog, bahkan sampai pada pembahasan berita terkini. Apakah menggunakan tema campur sari itu baik?. Pertanyaan tidak saya jawab. Baca terus artikel ini agar anda dapat menjawabnya sendiri.

Struktur Silo memang bukan hal yang umum di dunia Internet. Tetapi beberapa weblog profesional telah menggunakan desain dengan struktur silo - mungkin mereka tahu atau mungkin tidak sadar akan hal ini. Penerapan struktur silo ini agar terjadi relevansi (kesesuaian) antar halaman dalam sebuah weblog. Struktur silo ini akan menghindari pendarahan tema (theme bleeding) yang umumnya terjadi pada sebagaian besar weblog. Kasus pendarahan tema ini akan sangat mengganggu rangking weblog anda, karena link yang menghubungkan suatu topik dengan topik lain tidak memiliki hubungan. Lebih jelas mengenai theme bleeding saya informasikan pada artikel selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya struktur silo akan uraikan dengan contoh seperti yang dikemukakan oleh Russell Wright (Konsultan SEO). Anda coba datang mengunjungi sebuah pertanian/ladang. Di tempat tersebut akan terdapat banyak bangunan-bangunan (silo-silo) yang akan digunakan untuk menyimpan hasil panen, seperti gabah, gandum, tepung, jagung dan sebagainya. Maksudnya, jangan menyimpan gandum di silo (bangunan) yang sama dengan tepung. Hasil panen tersebut masing-masing telah memiliki tempat penyimpanan.

Agar lebih jelas lihat diagram dasar struktur silo weblog berikut :

Desain Weblog Dengan Struktur Silo

Berdasarkan gambar di atas, sub tema dari "pengembangan tanaman hias" terjadi penyimpanan conent secara relevan. Sudah jelas artikel-artikel sub tema "jenis tanaman hias" tidak mungkin dicampur ke "kesehatan tanaman hias", apa lagi ke sub tema "budidaya tanaman hias". Hal ini mencegah percampuran content sehingga tidak membuat pusing spider search engine dengan link yang tidak sesuai, dan membuat weblog lebih friendly di mata search engine.

Menurut Russell Wright bahwa website dengan struktur silo hampir selalu mengalahkan website yg tidak menggunakan struktur ini karena faktor "theme density". Dalam banyak kasus, website dengan sturktur silo selalu lebih tinggi rankingnya dibandingkan dgn non-silo website yg memiliki ratusan bahkan ribuan backlink.

Menulis content berdasarkan dengan struktur silo bukanlah hal yang sulit buat seorang weblog master seperti anda. Malahan hal tersebut dapat menciptakan relevansi kepadatan tema dan membiarkan kepadatan kata kunci (keyword density) pergi dari gaya menulis kita.

Terpenting yang harus anda tahu bahwa Search Engine utamanya google menggunakan analisis dengan konsep Latent Semantic Indexing (LSI). Dengan menggunakan LSI, search engine mampu menentukan relevansi isi weblog dengan cepat. Seperti yang dikatakan oleh Charles Heflin yang juga seorang konsultan SEO bahwa LSI adalah sebuah algoritma yang mirip dengan proses pemikiran yang sebenarnya "manusia" akan melakukan searching dalam rangka untuk menentukan apakah hasil dari permintaan mereka relevan dengan apa yang mereka cari. Penjelasan selengkapnya mengenai LSI akan dibahas pada artikel berikutnya.

1 comments

  1. Wahhh menarik sekali, saya sampai manggut-manggut sendiri baca semua tulisan disini, tapi sayang dr awal membngun blog sudah tidak menerapkan struktur silo tersebut..... apa boleh buat dilanjutkan saja :D
    tapi untuk kedepannya nanti akan saya terapkan teknik ini, terima kasih master sudah mau berbagi.... saya tunggu tulisan anda berikutnya!
    salam kenal,

    23 November 2010 at 02:42

Leave a Reply

<--Jangan Nyepam Yah!-->

Battle of SEO : Designed by SimplexDesign : Sitemap : Agen Bola